Kamis, 07 November 2013

Bank Mandiri KCP Gresik


BANK MANDIRI

DOSEN PEMBIMBING:
M. AGUNG SUNANTO, S.E., M.S.M

DISUSUN OLEH:
LENY RUFI’AL ‘AMALYN      
M. RAHARDIAN PRASETYA
WAHYU DWI KURNIAWAN   
SRI MAISYAROH                     
ALVIANTI AR                          





PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK
Jalan Sumatra 101 GKB Gresik
Telp.(031) 3951414 Fax. (031) 3952585
2013


KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah yang telah menolong kami menyelesaikan tugas mahasiswa ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan NYA mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta yakni Nabi Muhammad SAW.
Tugas mahasiswa ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang  “BANK MANDIRI”, yang kami sajikan berdasarkan dari berbagai sumber. Tugas mahasiswa ini disusun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya tugas mahasiswa ini dapat terselesaikan.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada:
1.    M. Agung Sunanto, S.E., M.S.M selaku Dosen Penanggung Jawab Mata Kuliah Bank dan Lembaga Keuangan.
2.    Semua pihak yang terlibat dalam penyelesaian tugas ini.
Semoga penulisan ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Penulis menyadari masih jauh dari kesempurnaan maka penulis mengharap kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan dimasa mendatang. Terima kasih.



Gresik, 9 Oktober 2013


Penyusun





DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL                                                                                      i
KATA PENGANTAR                                                                                   ii
DAFTAR ISI                                                                                                  iii
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang                                                                                 1
  2. Rumusan Masalah                                                                           1
  3. Tujuan                                                                                                1
  4. Manfaat                                                                                             2
BAB II METODE PENELITIAN
A.   Tempat dan Rancangan Waktu                                                                3
B.   Teknik Yang Digunakan                                                                             3
C.   Instrumen Penelitian                                                                                   3
D.   Sumber Data dan Sampel                                                                         3
BAB III BANK MANDIRI
  1. Profi Bank Mandiri                                                                           5
  2. Visi dan Misi                                                                                    10
  3. Bank Mandiri Head Office                                                              11
  4. Struktur Organisaasi                                                                       11
  5. Kriteria dan Prosedur Pembiayaan                                              11
  6. Strategi Bersaing                                                                            19
BAB IV PENUTUP
  1. Kesimpulan                                                                                      20
  2. Saran                                                                                                20
DOKUMENTASI

BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk  adalah sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintahan Indonesia. Sejak berdirinya, PT. Bank Mandiri (Persero)
Tbk telah bekerja keras untuk menciptakan tim manajemen yang kuat
dan professional yang bekerja berlandaskan pada prinsip-prinsip good
corporate goverment yang telah diakui secara internasional.
Melihat dari prinsip – prinsip pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk tersebut, kami sangat tertarik untuk melakukan obsevasi terhadap Bank Mandiri mengenai profil Bank Mandiri, prosedur Pembiayaan, Strategi dan sebagainya.

B.   Rumusan Masalah
Dari latar belakang tersebut, kami ingin membuat rumusan masalah diantaranya:
1.    Bagaimana profil Bank Mandiri?
2.    Apa visi dan Misi Bank Mandiri?
3.    Dimana letak kantor pusat Bank Mandiri?
4.    Bagaimana struktur organisasi Bank Mandiri KCP Gresik?
5.    Bagaimana kriteria dan prosedur pambiayaan di Bank Mandiri?
6.    Strategi apa yang diambil dalam bersaing dengan lembaga keuangan lainnya yang menjamur?

C.   Tujuan
1.    Mengetahui profil Bank Mandiri.
2.    Mengetahui visi dan misi Bank Mandiri.
3.    Mengetahui letak kantor pusat Bank Mandiri.
4.    Mengetahui struktur organisasi Bank Mandiri KCP Gresik.
5.    Mengetahui kriteria dan prosedur pembiayaan di Bank Mandiri.
6.    Mengetahui strategi yang diambil oleh Bank Mandiri dalam bersaing dengan lembaga keuangan lainnya yang menjamur.

D.   Manfaat
Makalah ini diharapkan dapat memberi manfaat kepada para pembaca berupa :
1.    Pengetahuan mengenai Profil Bank Mandiri, Visi dan Misi Bank Mandiri, Letak kantor Pusat Bank Mandiri dan Stategi Bank Mandiri.
2.    Pemahaman mengenai kriteria dan prosedur membiayaan.






















BABII
METODE PENELITIAN

A.   Tempat Dan Rancangan Waktu
Penelitian ini dilaksanakan di Bank Mandiri dengan rancangan waktu sebagai berikut:
1.    Masa persiapan dilakukan pada tanggal 3 Oktober 2013 dengan rangkaian mempersiapkan surat izin observasi ke Pihak Bank Mandiri KCP Gresik.
2.    Masa Permohonan dilakukan pada tanggal 7 Oktober 2013 dengan rangkaian memberikan surat permohonan izin observasi ke Pihak Bank Mandiri KCP Gresik melalui Security.
3.    Masa Observasi dilakukan pada tanggal 9 Oktober 2013 dengan rangkaian observasi dengan Pihak Bank Mandiri yang bernama Bapak Moh. Hadi Dwi Siswanto selaku CSO.
4.    Masa Penyusunan Laporan dilakukan tanggal 9 – 26 Oktober 2013 dengan rangkaian penyusunan laporan dari penulisan manual, proses editing, proses pengetikan sampai percetakan.

B.   Teknik Yang Digunakan
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, teknik observasi (pengamatan langsung) dan dokumentasi sebagai langkah memperoleh data dari Pihak Bank Mandiri.

C.   Instrumen Penelitian
1.    Kegiatan wawancara meliputi hal-hal yang terkait dengan Bank Mandiri, misalnya profil bank mandiri, visi dan misi, pembiayaan dan sebagainya.
D.   Sumber Data dan Sampel
1.    Sumber Wawancara:
Bapak Moh. Hadi Dwi Siswanto selaku CSO Bank Mandiri KCP Gresik.
2.    Sumber Kegiatan Obsevasi dan Dokumentasi:
Kantor Bank Mandiri yang terletak di Jalan Kartini Gresik.
3.    Jumlah Sampel:
Untuk kegiatan wawancara dan observasi, jumlah sampel yang ada meliputi:
a.    Narasumber       : 1 Orang
b.    Pewawancara   : 3 Orang
c.    Anggota              : 2 Orang






















BAB III
BANK MANDIRI

A.   Profil Bank Mandiri
Bank Mandiri didirikan pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan dari Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik negara - Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Exim dan Bapindo - yang digabung menjadi Bank Mandiri. Sejarah keempat bank dapat ditelusuri kembali ke lebih dari 140 tahun, dan bersama-sama mereka telah memberikan kontribusi terhadap thebeginning sektor perbankan Indonesia.
Konsolidasi dan Integrasi
Setelah merger, Bank Mandiri segera memulai proses konsolidasi yang komprehensif - dimulai dengan penutupan 194 cabang yang tumpang tindih dan pengurangan staf berlebihan, membawa tenaga kerja gabungan dari 26.600 turun ke 17.620. Sebuah merek tunggal - Bank Mandiri digulirkan di seluruh jaringan nasional dan di semua iklan dan kegiatan promosi. Salah satu prestasi Bank Mandiri yang paling signifikan adalah awal perbaikan lengkap platform teknologi. Bank mewarisi sembilan sistem perbankan dari empat bank legacy. Setelah investasi awal untuk mengkonsolidasikan sistem sekitar mewarisi platform yang kuat, Bank melakukan 3 tahun Rp 200 juta program untuk menggantikan platform core banking dengan satu yang khusus diarahkan perbankan ritel. Hari ini, infrastruktur IT Bank Mandiri memberikan straight through processing dan interface yang seragam bagi pelanggan kami. Sejalan dengan visi bank, kita menyadap segmen bisnis yang menguntungkan dengan potensi pertumbuhan sehingga memungkinkan kami untuk menawarkan berbagai komprehensif layanan perbankan. Kami memilih untuk fokus pada segmen utama termasuk korporasi, komersial, mikro, keuangan ritel dan konsumen - dengan strategi berbeda untuk setiap bisnis saat yang sama meningkatkan sinergi seluruh segmen pasar yang berbeda. Kami muncul sebagai Multispecialist Bank Domestik di Indonesia, dan memulai inisiatif spesifik yang memungkinkan kita untuk tumbuh dan mencapai pangsa pasar dominan pendapatan di segmen fokus kami. Selain itu, Bank Mandiri bertujuan untuk menjadi Regional Champion Bank - bank publik terdaftar yang akan diukur dengan kapitalisasi pasar dan peringkat tinggi di antara Chip bank publik terdaftar lainnya biru di Asia Tenggara.
Program transformasi - Tahap 1 (2005 - 2009)
Tujuan ambisius yang kita tetapkan untuk diri kita sendiri selama bertahun-tahun hanya dapat dicapai dengan mengubah organisasi kami untuk beradaptasi dengan dinamika perubahan pasar kami. Pada tahun 2005, kami berkomitmen untuk program transformasi 5 tahun yang mengakibatkan Bank Mandiri menjadi Bank Multispecialist dominan. Kami mengidentifikasi empat bidang utama untuk transformasi: budaya, penjualan, aliansi, dan kontrol NPL. Program Transformasi dilakukan dalam tiga tahap:
Tahap Satu (2006-2007)
Kembali on Track : Selama fase ini, fokus ditempatkan pada restrukturisasi dan meletakkan landasan bagi pertumbuhan Bank Mandiri di masa depan
Tahap Dua (2008-2009)
Outperform Pasar : Selama periode ini, penekanannya adalah pada perluasan bisnis Bank untuk memastikan pertumbuhan yang signifikan di semua segmen dan tingkat profitabilitas yang melebihi rata-rata pasar
Tahap Tiga (2010)
Membentuk Akhir Permainan :: Selama fase ini, Bank Mandiri fokus pada menjadi Regional Champion Bank, melalui konsolidasi bisnis jasa keuangan dan penekanan pada peluang pertumbuhan non-organik strategis. Ini termasuk penguatan kinerja anak perusahaan dan akuisisi bank atau perusahaan keuangan lainnya yang dapat menciptakan nilai tambah bagi Bank Mandiri
Perubahan yang dibawa oleh Program Transformasi antara tahun 2005 dan 2010 telah mengakibatkan kinerja bank secara konsisten berkembang, sebagaimana dibuktikan oleh data keuangan sebagai berikut:
·         Kredit non-performing turun secara signifikan, dengan bersih konsolidasi NPL menurun dari 15,34% pada 2005 menjadi 0,62% pada tahun 2010
·         Laba bersih melonjak dari Rp 0600000000000 (setara dengan USD 61. 3 juta) di tahun 2005 menjadi Rp 9,2 triliun (setara Rp 1,02 miliar) pada tahun 2010
Sejalan dengan transformasi bisnis kami, kami juga pergi melalui transformasi budaya didasarkan pada reformulasi dan penyegaran kembali nilai-nilai utama kami. Kami secara signifikan meningkatkan tingkat kualitas layanan pelanggan kami. Selama 5 tahun berturut-turut (2007, 2008, 2009, 2010 dan 2011), Bank Mandiri telah ditunjuk sebagai service leader di antara bank domestik berdasarkan Research Indonesia (MRI) survei Pemasaran.Selain itu, prestasi Bank dalam melembagakan tata kelola perusahaan yang baik juga telah diakui secara luas. Kinerja Bank Mandiri konsisten meningkatkan mendapat respon positif dari investor, seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan yang signifikan dalam harga saham Bank dari Rp 1.110 pada tanggal 16 November 2005 menjadi Rp 6.300 pada September 30, 2011 - yang merupakan kenaikan sebesar 33,6% menjadi tahun rata-rata (CAGR). Dalam waktu kurang dari enam tahun, kapitalisasi pasar Bank Mandiri melonjak tujuh kali lipat dari hanya Rp 21,8 triliun (setara Rp 2,16 miliar) menjadi Rp 146900000000000 (setara Rp 16,6 miliar).
Program transformasi - Tahap 2 (2010 - 2014)
Kami kini memulai tahap kedua dari proses transformasi untuk periode 2010-2014 dengan merevitalisasi visi kami "Untuk menjadi Most Admired dan Progresif Lembaga Keuangan di Indonesia". Pada 2014, Bank Mandiri berniat untuk mencapai kapitalisasi pasar sebesar Rp 225 triliun, pangsa pasar pendapatan sebesar 16%, ROA sekitar 2,5%, dan ROE sekitar 25%, sementara pada saat yang sama menjaga kualitas aset dalam rasio NPL gross di bawah 4%. Dan pada akhir tahun 2014, kami bertekad untuk mencapai jajaran Top 5 Bank di ASEAN.
Bank telah mengatur pemandangan untuk menjadi salah satu Top 3 di ASEAN pada tahun 2020, dalam hal kapitalisasi pasar, dan untuk menjadi pemain regional utama. Dalam rangka mewujudkan visi ini, transformasi bisnis Bank Mandiri selama periode 2010-2014 akan fokus pada tiga bidang usaha sebagai berikut:
Transaksi Grosir
Kami mengkonsolidasikan posisi kepemimpinan kami dengan menawarkan solusi transaksi keuangan yang komprehensif dan mengembangkan pendekatan hubungan holistik dalam melayani nasabah korporasi dan komersial di Indonesia.
Deposito Ritel & Pembayaran
Kami bertekad untuk menjadi bank pilihan bagi konsumen di pasar deposito ritel dengan menyediakan pengalaman perbankan yang unik dan unggul.
Pembiayaan Ritel
Tujuan kami adalah untuk menjadi No 1 atau 2 bank di segmen pembiayaan ritel dengan memimpin dalam hipotek, pinjaman pribadi, dan pasar kartu kredit, dan dengan menjadi pemain utama di segmen perbankan mikro.Selain fokus pada tiga bidang strategis, kita juga memperkuat struktur organisasi dan infrastruktur (cabang, IT, operasi, manajemen risiko) untuk menyediakan solusi layanan yang lebih terintegrasi. Untuk berhasil mencapai tujuan kita, kita akan memanfaatkan dukungan kritis sumber daya manusia, teknologi, manajemen risiko kehati-hatian, dan good corporate governance.
Medali Berkencan
Per Desember 2011, total aset Bank Mandiri telah mencapai Rp 551900000000000 (setara dengan USD 60860000000), lebih dari dua kali lipat dari tahun 2006 (Rp 267 trilyun) - yang merupakan pertumbuhan 15,6% (CAGR), membuat kita yang terbesar bank di Indonesia. Kredit kami juga tumbuh sebesar 22% (CAGR) menjadi Rp 314400000000000 (setara dengan USD 34670000000) dari Rp 118 triliun di tahun 2006 sementara laba bersih tumbuh sebesar 38,3% (CAGR) menjadi Rp 12,2 triliun (setara Rp 1,35 miliar) dari Rp 2,4 triliun pada tahun 2006. Selain menjadi pemberi pinjaman terbesar bangsa (secara konsolidasi), Bank Mandiri juga merupakan penyimpanan terbesar di negara dengan Rp 422300000000000 (setara dengan USD 46570000000) dana pihak ketiga. Dari segi kualitas aset, kotor dan bersih kami NPL rasio berdiri di 2,21% dan 0,52% masing-masing.
Salah satu tonggak penting dalam mewujudkan visi Bank Mandiri selama tahap kedua dari proses transformasi itu berhasil menyelesaikan rights issue pada Februari 2011 yang memperkuat basis permodalan. Dengan ini, modal Bank Mandiri telah mencapai Rp 62700000000000 (setara Rp 6,9 miliar), atau meningkat 48,9% year-on-year. Oleh karena itu, kami menjadi bank pertama di Indonesia yang meraih status bank internasional sesuai dengan Arsitektur Perbankan Indonesia (Arsitektur Perbankan Indonesia / API).
Kami juga didukung oleh anak perusahaan yang memberikan kontribusi pendapatan yang signifikan sekitar 12% dari total laba bersih konsolidasian Bank. Hari ini, Bank Mandiri memiliki jaringan ATM terbesar dengan 10.000 unit di seluruh Indonesia. Kami telah menerima perbedaan menjadi perusahaan terbesar di Indonesia untuk tata kelola perusahaan selama 5 tahun berturut-turut. Kami siap untuk menjadi sebuah anchor bank di Indonesia seperti yang kita telah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Bank Indonesia, dan didorong ke depan dengan visi kami untuk menjadi Lembaga Keuangan Paling Dikagumi dan Progresif Indonesia.
Meningkatkan Sinergi & Nilai dari Anak
Untuk mendukung berbagai segmen bisnis kami dan budaya berbasis kinerja yang kuat di seluruh organisasi, Bank Mandiri telah menerapkan Strategic Business Unit (SBU) berdasarkan organisasi - terdiri dari Strategic Business Unit sebagai generator laba mesin pertumbuhan di masa depan, fungsi pusat perusahaan dan berbagi layanan fungsi. SBU kami yang melayani Corporate Banking, Commercial & Business Banking, Micro & Retail Banking, Treasury & International Banking dan Consumer Finance, yang didukung oleh anak perusahaan kami. Kami terus mencari peluang bisnis yang saling menguntungkan yang menciptakan sinergi, membangun aliansi dan memperkuat usaha pendukung kami dengan dan melalui anak perusahaan kami, terutama Mandiri Sekuritas di bidang perbankan investasi, AXA Mandiri Financial Services di bidang asuransi, Bank Syariah Mandiri di bidang perbankan Syariah, Bank Sinar Harapan Bali dalam perbankan mikro, dan Mandiri Tunas Finance di multifinance. Pada tahun 2011, Bank Mandiri mengakuisisi AXA Mandiri General Insurance (MAGI), sebuah perusahaan patungan antara Bank Mandiri dan AXA Societe Anonyme, untuk memperkuat penetrasi Bank Mandiri ke bisnis asuransi umum. Dengan berbagai anak perusahaan yang mendukung bisnis kami, kami lebih memperkuat posisi kami sebagai lembaga keuangan kepemilikan terkemuka di Indonesia.

B.   Visi Dan Misi
Visi:
Menjadi Lembaga Keuangan Most Admired & Progressive di Indonesia
Misi:
·         Untuk menjadi berorientasi pasar
·         Untuk meningkatkan profesionalisme
·         Untuk memaksimalkan keuntungan bagi para pemangku kepentingan
·         Untuk memiliki pendekatan manajemen terbuka
·         Untuk menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

C.   Bank Mandiri Head Office

PT BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk. 

Jl, Jenderal Gatot Subroto Kav. 36-38 

Jakarta 12190 Indonesia

Phone: 14000, +62-21-52997777 

Fax: +62-21-52997735 

SWIFT Code : BMRIIDJA 

Bank Monitoring Authority

Bank Indonesia 

Jl. MH Thamrin No. 2 

Jakarta 10110 

Indonesia 
Phone (62-21) 381-7187 Faks (62-21) 350-1867 

email : humasbi@bi.go.id

D.   Struktur Organisasi
  •        Kepala Cabang
  •        CSO Operasional  dan CSO Bisnis + Service
  •        Security,  CSA, CSR  dan Teller


E.   Kriteria Dan Prosedur Pembiayaan
1.    Kredit Modal Kerja adalah fasilitas kredit yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dan atau kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti untuk membiayai inventory/piutang/proyek atau kebutuhan khusus lainnya yang menurut evaluasi Bank layak untuk dibiayai.
Persyaratan antara lain :
a.    Dokumen legalitas usaha, misalnya : NPWP, SIUP, TDP, akta pendirian perusahaan
b.    Mengisi formulir permohonan kredit
Fitur Kredit :
·         Limit kredit : Sesuai kebutuhan
·         Kredit dapat diberikan dalam valuta Rupiah atau valuta asing
·         Jangka waktu sampai dengan maksimal 1 tahun dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan
·         Sifat kredit revolving atau non revolving
2.    Kredit Investasi adalah fasilitas kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan, pendirian proyek baru dan atau kebutuhan khusus terkait investasi.
Persyaratan antara lain :
·         Dokumen legalitas usaha, misalnya: NPWP, SIUP, TDP, akta pendirian perusahaan
·         Menyusun rencana proyek
Fitur Kredit :
·         Limit kredit : sesuai kebutuhan
·         Kredit diberikan dalam valuta Rupiah dan valuta asing
·         Jangka waktu panjang (lebih dari 1 tahun)
3.    Kredit Agunan Deposito adalah fasilitas kredit yang diberikan dengan jaminan setoran tunai, deposito berjangka, dan/atau tabungan dalam rupiah maupun valuta asing yang diterbitkan oleh Bank Mandiri.
Manfaat:
a.    Penarikan dapat dilakukan setiap saat
b.    Bagian yang belum ditarik tidak dikenakan bunga
c.    Pelunasan pada saat jatuh tempo kredit
Fitur:
a.    Jangka Waktu: Maksimum 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang
b.    Limit Kredit: Maksimum 90% dari nominal jaminan untuk Cash Loan.
c.    Mata Uang: Rupiah atau Valuta Asing.
Valuta Asing dan Agunan:
·         IDR (Agunan IDR, USD & SGD)
·         USD (agunan USD, IDR)
·         SGD (agunan SGD)
·         EUR (agunan EUR)
4.    Kredit Modal Kerja (KMK) adalah fasilitas kredit yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dan atau kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti untuk membiayai inventory / piutang / proyek atau kebutuhan khusus lainnya.
Fitur kredit :
·         Limit kredit diatas Rp 100 juta s.d Rp 5 Miliar
·         Kredit dapat diberikan dalam valuta Rupiah
·         Jangka waktu sampai dengan 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang
·         Sifat kredit revolving atau non revolving
Persyaratan kredit :
·         Dokumen legalitas pemohon, misalnya : KTP, kartu keluarga, Akte Pendirian Perusahaan
·         Dokumen legalitas usaha, misalnya : NPWP, SIUP, SITU, TDP atau SKDU.
5.    Mandiri Kredit Investasi adalah fasilitas kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan, pendirian proyek baru dan atau kebutuhan khusus terkait investasi.
Fitur Kredit :
·         Limit kredit di atas Rp. 100 juta s.d Rp. 5 Milyar
·         Kredit diberikan dalam valuta Rupiah
·         Jangka waktu lebih dari 1 (satu) tahun
Persyaratan kredit :
·         Dokumen legalitas pemohon, misalnya: KTP, kartu keluarga, Akte Pendirian Perusahaan
·         Dokumen legalitas usaha, misalnya: NPWP, SIUP, SITU, TDP atau SKDU
·         Proposal proyek
6.    Mandiri Kredit Agunan Deposito adalah fasilitas kredit dalam valuta rupiah yang diberikan dengan agunan deposito berjangka yang diterbitkan oleh Bank Mandiri.
Persyaratan:
·         Dokumen legalitas pemohon, misalnya : KTP, Kartu Keluarga , Akte Pendirian Perusahaan
·         Dokumen legalitas usaha, misalnya : NPWP, SIUP, SITU, TDP atau SKDU
·         Memiliki deposito yang diterbitkan oleh Bank Mandiri
7.    Mandiri Kredit Usaha Produktif adalah kredit modal kerja dan atau kredit investasi dengan limit diatas Rp 100 Juta sampai dengan 2 Milyar kepada calon debitur perorangan atau badan usaha.
Fitur kredit :
·         Jangka waktu sampai dengan 1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang
·         Suku bunga lebih rendah apabila seluruh transaksi dilakukan di rekening giro
Persyaratan kredit :
·         Dokumen legalitas pemohon, misalnya : KTP, kartu keluarga, aktependirian perusahaan
·         Dokumen legalitas usaha, misalnya : NPWP, SIUP, SITU, TDP atau SKDU
8.    Mandiri Kredit Multiguna Usaha adalah fasilitas kredit yang diberikan kepada pedagang retail atas dasar agunan berupa fixed aset atau kontrak sewa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang sudah berjalan di sektor perdagangan retail, pembelian/pengadaan (sewa) tempat usaha dan refinancing pembelian/pengadaan tempat usaha yang telah dibeli nasabah di lokasi tertentu.
Fitur Kredit:
·         Limit kredit di atas Rp. 100 juta sampai dengan Rp. 5 milyar
·         Kredit diberikan dalam valuta Rupiah
·         Jangka waktu kredit maksimal 10 tahun
Persyaratan:
·         Dokumen legalitas pemohon, seperti KTP, KK, Akte Pendirian Perusahaan
·         Dokumen legalitas usaha, seperti NPWP, SIUP, SITU, TDP
·         Mengisi formulir permohonan kredit
Sasaran pembiayaan Kredit Multiguna Usaha adalah pedagang retail yang berada di lokasi tertentu di kawasan komersial seperti :
·         Pasar tradisional & modern
·         Pusat Niaga/perdagangan/bisnis (mall/plaza/trade center/pusat grosir)
·         Di komplek pertokoan, perkantoran, perumahan
9.    Mandiri Kredit Koperasi adalah kredit untuk tujuan produktif (investasi dan/atau modal kerja) yang diberikan kepada Koperasi dengan pola executing dan kredit dengan tujuan multiguna yang diberikan kepada anggota Koperasi secara kolektif (massal) melalui Koperasi.
Persyaratan :
·         Dokumen legalitas pemohon
·         Untuk koperasi, telah menjalankan usaha koperasi minimum 2 tahun
Sasaran pembiayaan Kredit Koperasi Mandiri adalah Koperasi Karyawan dan Non Koperasi Karyawan baik untuk pembiayaan kepada koperasinya maupun kepada anggota koperasinya.
Fitur Kredit :
·         Kredit Investasi dan Kredit Modal Kerja kepada Koperasi dengan limit sesuai kebutuhan koperasi
·         Kredit kepada anggota koperasi dengan limit sesuai kemampuan membayar
10. Mandiri Kredit Waralaba adalah fasilitas kredit yang diberikan kepada Penerima Waralaba baik orang perseorangan atau badan usaha yang diberikan hak oleh Pemberi Waralaba untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan Waralaba yang dimiliki Pemberi Waralaba.
Fitur Kredit :
·         Jenis kredit adalah Kredit Investasi
·         Limit kredit diatas Rp 100 Juta s.d Rp 2 Milyar per debitur
·         Jangka waktu maksimal 5 (lima) tahun disesuaikan dengan cash flow
·         Sifat kredit limit menurun
Persyaratan kredit :
·         Dokumen legalitas pemohon, misalnya KTP, Kartu Keluarga, akte pendirian perusahaan
·         Dokumen legalitas usaha, misalnya NPWP, SIUP, SITU, TDP
·         Pengalaman usaha minimal 2 (dua) tahun
11. Mandiri Kredit Kepada Showroom Mobil Bekas Rekanan Mandiri Tunas Finance (MTF) adalah fasilitas kredit yang diberikan kepada pemilik showroom mobil bekas rekanan Mandiri Tunas Finance (MTF) untuk pemenuhan kebutuhan modal kerjanya.
Fitur Kredit :
·         Jenis kredit adalah Kredit Modal Kerja
·         Limit kredit diatas Rp. 100 Juta s.d 2 Milyar per debitur
·         Jangka waktu kredit maksimal 1 tahun dan dapat diperpanjang
·         Sifat kredit revolving
Persyaratan kredit :
·         Telah menjadi rekanan MTF dan mendapatkan rekomendasi MTF
·         Dokumen legalitas pemohon misalnya, KTP, kartu keluarga, akte pendirian perusahaan
·         Dokukmen legalitas usaha misalnya : NPWP, SIUP, SITU, TDP
·         Fotocopy rekening giro atau tabungan 6 bulan terakhir
12. Mandiri Kredit Mikro
Kami menyediakan Kredit Usaha Mikro bagi Anda yang membutuhkan Kredit Investasi (KI) dan atau Kredit Modal Kerja (KMK) untuk pengembangan usaha produktif maupun konsumtif skala mikro.
Fasilitas pembiayaan ini dapat diberikan kepada semua pemilik usaha mikro dan usaha rumah tangga baik berbentuk perusahaan, kelompok usaha, dan perorangan (seperti pedagang, petani, peternak, dan nelayan).
Kredit Usaha Mikro (KUM) terdiri atas 2 jenis produk kredit :
1.    KUM (Kredit Usaha Mikro)
Kredit Usaha Mikro khusus diberikan kepada Usaha Mikro dengan maksimum limit kredit sebesar Rp 100 juta. Khusus untuk fasilitas top up diperkenankan sampai dengan limit Rp 200 juta.
2.    KSM (Kredit Serbaguna Mikro)
Untuk pembiayaan berbagai macam keperluan (serbaguna), selama tidak melanggar kesusilaan, ketertiban umum dan bertentangan dengan hukum dengan maksimum limit kredit sebesar Rp.50 Juta.
Persyaratan Calon Debitur
1.    Kredit Usaha Mikro (KUM)
·         Usaha minimum 2 tahun di lokasi dengan bidang usaha yang sama.
·         Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah. Maksimal usia 60 tahun saat kredit lunas.
·         Melampirkan bukti diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) serta Surat Nikah (bagi yang menikah).
·         Khusus kredit Rp 50 juta keatas dipersyaratkan NPWP.
·         Surat Keterangan Usaha dari Desa /Kelurahan, Dinas Pasar atau Otorita setempat dimana yang bersangkutan memiliki usaha ; atau
·         Surat Ijin Usaha.
·         Belum pernah memperoleh fasilitas kredit atau pernah / telah memperoleh fasilitas kredit dengan kolektibilitas Lancar atau tidak dalam kondisi kredit bermasalah.
2.    Kredit Serbaguna Mikro (KSM)
·         Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia.
·         Telah diangkat menjadi pegawai tetap minimal 1 (satu) tahun dan berpenghasilan tetap. Khusus untuk pegawai dengan status tetap (tidak termasuk masa percobaan/ probation) dan payroll di Bank maka masa kerja pegawai tidak diperhitungkan.
·         Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah dan pada saat kredit lunas sesuai usia pensiun yaitu maksimum 55 tahun (kecuali untuk pegawai Pemerintah / BUMN/ BUMD/ BHMN/ persyaratan usia ditentukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku).
·         Penghasilan per bulan diatas Upah Minimum Regional (UMR) yang berlaku di daerah tersebut.
·         Menyerahkan bukti diri berupa copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) calon debitur dan suami/istri calon debitur, Kartu Keluarga (KK) serta Surat Nikah/Cerai (bagi yang sudah menikah/cerai).
Fitur Kredit:
·         Sifat kredit adalah aflopend plafond (angsuran tetap)
·         Jangka waktu kredit maksimal 36 bulan
·         Agunan adalah berupa objek yang dibiayai & berupa fixed assets
Manfaat:
·         Proses Cepat dan Mudah
·         Persyaratan kredit yang ringan

F.    Strategi Bersaing
1.    Peningkatan bisnis
a.    Financial retail time:
Mendorong semua nasabah untuk melakukan transaksi di Bank Mandiri.
b.    Financial finance:
Bank Mandiri menyalur untuk semua segmen.
c.    Aliance:
Kerjasama antar anak perusahaan.
2.    Peningkatan service
Meningkatkan performance teller, Customer Service dan Security dalam melayani nasabah
3.    Pencegahan fraud
Bank Mandiri Good Coooporate Governance yaitu tata perusahaan yang baik dan bebas dari masalah keecurangan.






BAB IV
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Bank Mandiri merupakan lembaga keuangan yang memiliki visi dan misi, prinsip-prinsip strategi dalam bersaing dengan lembaga keuangan, dan memiliki kriteria dan prosedur pembiayaan yang diberlakukan untuk para debitur.
Struktur keorganisasian Bank Mandiri KCP Gresik meliputi kepala cabang yang membawahi CSO Operasianal dan CSO Bisnis + Servis, kedua CSO membawahi Security, CSA, CSR dan Teller.
Strategi bersaing meliputi peningkatan bisnis, peningkatan pelayanan dan pencegahan fraud.

B.   Saran
Sebaiknya masyarakat melakukan transaksi di Bank Mandiri karena Bank Mandiri sudah diakui secara Internasional selain itu Bank Mandiri memiliki banyak fitur pembiayaan yang cocok bagi berbagai usaha yang masyarakat.













DOKUMENTASI

 Setelah melakukan wawancara dengan Bapak Moh. Hadi Dwi Siswanto (tengah kiri)

Pewawancara (kanan) Narasumber (tengah kiri) Anggota (kiri)

Tempat Parkir Bank Mandiri KCP Gresik jalan Kartini (9/10)

1 komentar:

Lady Mia mengatakan...

Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.