BANK MANDIRI
DOSEN PEMBIMBING:
M. AGUNG SUNANTO, S.E., M.S.M
DISUSUN OLEH:
LENY RUFI’AL ‘AMALYN
M. RAHARDIAN PRASETYA
WAHYU DWI KURNIAWAN
SRI MAISYAROH
ALVIANTI AR
PROGRAM
STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH GRESIK
Jalan
Sumatra 101 GKB Gresik
Telp.(031)
3951414 Fax. (031) 3952585
2013
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah yang telah menolong kami menyelesaikan tugas
mahasiswa ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan NYA mungkin penyusun
tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. shalawat dan salam semoga
terlimpah curahkan kepada baginda tercinta yakni Nabi Muhammad SAW.
Tugas mahasiswa ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu
tentang “BANK MANDIRI”, yang
kami sajikan berdasarkan dari berbagai sumber. Tugas mahasiswa ini disusun oleh
penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun
maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama
pertolongan dari Tuhan akhirnya tugas mahasiswa ini dapat terselesaikan.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada:
1. M. Agung Sunanto, S.E., M.S.M selaku Dosen
Penanggung Jawab Mata Kuliah Bank dan Lembaga Keuangan.
2. Semua pihak yang terlibat dalam penyelesaian tugas ini.
Semoga penulisan ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada
pembaca. Penulis menyadari masih jauh dari kesempurnaan maka penulis mengharap
kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan dimasa mendatang. Terima
kasih.
Gresik, 9 Oktober 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I PENDAHULUAN
- Latar Belakang 1
- Rumusan Masalah 1
- Tujuan 1
- Manfaat 2
BAB II METODE PENELITIAN
A.
Tempat dan Rancangan Waktu 3
B.
Teknik Yang Digunakan 3
C.
Instrumen Penelitian 3
D.
Sumber
Data dan Sampel 3
BAB III BANK MANDIRI
- Profi Bank Mandiri 5
- Visi dan Misi 10
- Bank
Mandiri Head Office 11
- Struktur Organisaasi 11
- Kriteria dan Prosedur Pembiayaan 11
- Strategi Bersaing 19
BAB IV PENUTUP
- Kesimpulan 20
- Saran 20
DOKUMENTASI
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk adalah sebagai bagian dari program
restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintahan Indonesia. Sejak
berdirinya, PT. Bank Mandiri (Persero)
Tbk telah bekerja keras untuk
menciptakan tim manajemen yang kuat
dan professional yang bekerja
berlandaskan pada prinsip-prinsip good
corporate goverment yang telah
diakui secara internasional.
Melihat dari prinsip – prinsip
pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk tersebut, kami sangat tertarik untuk melakukan
obsevasi terhadap Bank Mandiri mengenai profil Bank Mandiri, prosedur
Pembiayaan, Strategi dan sebagainya.
B.
Rumusan Masalah
Dari latar belakang tersebut,
kami ingin membuat rumusan masalah diantaranya:
1.
Bagaimana
profil Bank Mandiri?
2.
Apa
visi dan Misi Bank Mandiri?
3.
Dimana
letak kantor pusat Bank Mandiri?
4.
Bagaimana
struktur organisasi Bank Mandiri KCP Gresik?
5.
Bagaimana
kriteria dan prosedur pambiayaan di Bank Mandiri?
6.
Strategi
apa yang diambil dalam bersaing dengan lembaga keuangan lainnya yang menjamur?
C.
Tujuan
1.
Mengetahui
profil Bank Mandiri.
2.
Mengetahui
visi dan misi Bank Mandiri.
3.
Mengetahui
letak kantor pusat Bank Mandiri.
4.
Mengetahui
struktur organisasi Bank Mandiri KCP Gresik.
5.
Mengetahui
kriteria dan prosedur pembiayaan di Bank Mandiri.
6.
Mengetahui
strategi yang diambil oleh Bank Mandiri dalam bersaing dengan lembaga keuangan
lainnya yang menjamur.
D.
Manfaat
Makalah
ini diharapkan dapat memberi manfaat kepada para pembaca berupa :
1. Pengetahuan
mengenai Profil Bank Mandiri, Visi dan Misi Bank Mandiri, Letak kantor Pusat
Bank Mandiri dan Stategi Bank Mandiri.
2. Pemahaman
mengenai kriteria dan prosedur membiayaan.
BABII
METODE PENELITIAN
A.
Tempat Dan Rancangan Waktu
Penelitian ini dilaksanakan di
Bank Mandiri dengan rancangan waktu sebagai berikut:
1.
Masa
persiapan dilakukan pada tanggal 3 Oktober 2013 dengan rangkaian mempersiapkan
surat izin observasi ke Pihak Bank Mandiri KCP Gresik.
2.
Masa
Permohonan dilakukan pada tanggal 7 Oktober 2013 dengan rangkaian memberikan
surat permohonan izin observasi ke Pihak Bank Mandiri KCP Gresik melalui
Security.
3.
Masa
Observasi dilakukan pada tanggal 9 Oktober 2013 dengan rangkaian observasi
dengan Pihak Bank Mandiri yang bernama Bapak Moh. Hadi Dwi Siswanto selaku CSO.
4.
Masa
Penyusunan Laporan dilakukan tanggal 9 – 26 Oktober 2013 dengan rangkaian
penyusunan laporan dari penulisan manual, proses editing, proses pengetikan
sampai percetakan.
B.
Teknik Yang Digunakan
Teknik yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teknik wawancara, teknik observasi (pengamatan langsung)
dan dokumentasi sebagai langkah memperoleh data dari Pihak Bank Mandiri.
C.
Instrumen Penelitian
1.
Kegiatan
wawancara meliputi hal-hal yang terkait dengan Bank Mandiri, misalnya profil
bank mandiri, visi dan misi, pembiayaan dan sebagainya.
D.
Sumber Data dan Sampel
1.
Sumber
Wawancara:
Bapak Moh. Hadi Dwi Siswanto
selaku CSO Bank Mandiri KCP Gresik.
2.
Sumber
Kegiatan Obsevasi dan Dokumentasi:
Kantor Bank Mandiri yang
terletak di Jalan Kartini Gresik.
3.
Jumlah
Sampel:
Untuk kegiatan wawancara dan
observasi, jumlah sampel yang ada meliputi:
a.
Narasumber : 1 Orang
b.
Pewawancara : 3 Orang
c.
Anggota : 2 Orang
BAB III
BANK MANDIRI
A.
Profil Bank Mandiri
Bank Mandiri didirikan pada
tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan
dari Pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank milik negara -
Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Exim dan Bapindo - yang digabung
menjadi Bank Mandiri. Sejarah keempat bank dapat ditelusuri kembali ke
lebih dari 140 tahun, dan bersama-sama mereka telah memberikan kontribusi
terhadap thebeginning sektor perbankan Indonesia.
Konsolidasi dan Integrasi
Setelah merger, Bank Mandiri
segera memulai proses konsolidasi yang komprehensif - dimulai dengan penutupan
194 cabang yang tumpang tindih dan pengurangan staf berlebihan, membawa tenaga
kerja gabungan dari 26.600 turun ke 17.620. Sebuah merek tunggal - Bank
Mandiri digulirkan di seluruh jaringan nasional dan di semua iklan dan kegiatan
promosi. Salah satu prestasi Bank Mandiri yang paling signifikan adalah
awal perbaikan lengkap platform teknologi. Bank mewarisi sembilan sistem
perbankan dari empat bank legacy. Setelah investasi awal untuk mengkonsolidasikan
sistem sekitar mewarisi platform yang kuat, Bank melakukan 3 tahun Rp 200 juta
program untuk menggantikan platform core banking dengan satu yang khusus
diarahkan perbankan ritel. Hari ini, infrastruktur IT Bank Mandiri
memberikan straight through processing dan interface yang seragam bagi
pelanggan kami. Sejalan dengan visi bank, kita menyadap segmen bisnis yang
menguntungkan dengan potensi pertumbuhan sehingga memungkinkan kami untuk
menawarkan berbagai komprehensif layanan perbankan. Kami memilih untuk
fokus pada segmen utama termasuk korporasi, komersial, mikro, keuangan ritel
dan konsumen - dengan strategi berbeda untuk setiap bisnis saat yang sama
meningkatkan sinergi seluruh segmen pasar yang berbeda. Kami muncul
sebagai Multispecialist Bank Domestik di Indonesia, dan memulai inisiatif
spesifik yang memungkinkan kita untuk tumbuh dan mencapai pangsa pasar dominan
pendapatan di segmen fokus kami. Selain itu, Bank Mandiri bertujuan untuk
menjadi Regional Champion Bank - bank publik terdaftar yang akan diukur dengan
kapitalisasi pasar dan peringkat tinggi di antara Chip bank publik terdaftar
lainnya biru di Asia Tenggara.
Program
transformasi - Tahap 1 (2005 - 2009)
Tujuan ambisius yang kita
tetapkan untuk diri kita sendiri selama bertahun-tahun hanya dapat dicapai
dengan mengubah organisasi kami untuk beradaptasi dengan dinamika perubahan
pasar kami. Pada tahun 2005, kami berkomitmen untuk program transformasi 5
tahun yang mengakibatkan Bank Mandiri menjadi Bank Multispecialist
dominan. Kami mengidentifikasi empat bidang utama untuk transformasi:
budaya, penjualan, aliansi, dan kontrol NPL. Program Transformasi
dilakukan dalam tiga tahap:
Tahap
Satu (2006-2007)
Kembali on Track : Selama fase ini, fokus
ditempatkan pada restrukturisasi dan meletakkan landasan bagi pertumbuhan Bank
Mandiri di masa depan
Tahap
Dua (2008-2009)
Outperform Pasar : Selama periode ini,
penekanannya adalah pada perluasan bisnis Bank untuk memastikan pertumbuhan
yang signifikan di semua segmen dan tingkat profitabilitas yang melebihi
rata-rata pasar
Tahap
Tiga (2010)
Membentuk Akhir Permainan :: Selama fase ini, Bank
Mandiri fokus pada menjadi Regional Champion Bank, melalui konsolidasi bisnis
jasa keuangan dan penekanan pada peluang pertumbuhan non-organik
strategis. Ini termasuk penguatan kinerja anak perusahaan dan akuisisi
bank atau perusahaan keuangan lainnya yang dapat menciptakan nilai tambah bagi
Bank Mandiri
Perubahan yang dibawa oleh
Program Transformasi antara tahun 2005 dan 2010 telah mengakibatkan kinerja
bank secara konsisten berkembang, sebagaimana dibuktikan oleh data keuangan
sebagai berikut:
·
Kredit
non-performing turun secara signifikan, dengan bersih konsolidasi NPL menurun
dari 15,34% pada 2005 menjadi 0,62% pada tahun 2010
·
Laba
bersih melonjak dari Rp 0600000000000 (setara dengan USD 61. 3 juta) di tahun
2005 menjadi Rp 9,2 triliun (setara Rp 1,02 miliar) pada tahun 2010
Sejalan
dengan transformasi bisnis kami, kami juga pergi melalui transformasi budaya
didasarkan pada reformulasi dan penyegaran kembali nilai-nilai utama
kami. Kami secara signifikan meningkatkan tingkat kualitas layanan
pelanggan kami. Selama 5 tahun berturut-turut (2007, 2008, 2009, 2010 dan
2011), Bank Mandiri telah ditunjuk sebagai service leader di antara bank
domestik berdasarkan Research Indonesia (MRI) survei Pemasaran.Selain itu,
prestasi Bank dalam melembagakan tata kelola perusahaan yang baik juga telah
diakui secara luas. Kinerja Bank Mandiri konsisten meningkatkan mendapat
respon positif dari investor, seperti yang ditunjukkan oleh peningkatan yang
signifikan dalam harga saham Bank dari Rp 1.110 pada tanggal 16 November 2005
menjadi Rp 6.300 pada September 30, 2011 - yang merupakan kenaikan sebesar
33,6% menjadi tahun rata-rata (CAGR). Dalam waktu kurang dari enam tahun,
kapitalisasi pasar Bank Mandiri melonjak tujuh kali lipat dari hanya Rp 21,8
triliun (setara Rp 2,16 miliar) menjadi Rp 146900000000000 (setara Rp 16,6
miliar).
Program
transformasi - Tahap 2 (2010 - 2014)
Kami
kini memulai tahap kedua dari proses transformasi untuk periode 2010-2014
dengan merevitalisasi visi kami "Untuk menjadi Most Admired dan Progresif
Lembaga Keuangan di Indonesia". Pada 2014, Bank Mandiri berniat untuk
mencapai kapitalisasi pasar sebesar Rp 225 triliun, pangsa pasar pendapatan
sebesar 16%, ROA sekitar 2,5%, dan ROE sekitar 25%, sementara pada saat yang
sama menjaga kualitas aset dalam rasio NPL gross di bawah 4%. Dan pada
akhir tahun 2014, kami bertekad untuk mencapai jajaran Top 5 Bank di ASEAN.
Bank
telah mengatur pemandangan untuk menjadi salah satu Top 3 di ASEAN pada tahun
2020, dalam hal kapitalisasi pasar, dan untuk menjadi pemain regional
utama. Dalam rangka mewujudkan visi ini, transformasi bisnis Bank Mandiri
selama periode 2010-2014 akan fokus pada tiga bidang usaha sebagai berikut:
Transaksi Grosir
Kami
mengkonsolidasikan posisi kepemimpinan kami dengan menawarkan solusi transaksi
keuangan yang komprehensif dan mengembangkan pendekatan hubungan holistik dalam
melayani nasabah korporasi dan komersial di Indonesia.
Deposito Ritel & Pembayaran
Kami
bertekad untuk menjadi bank pilihan bagi konsumen di pasar deposito ritel
dengan menyediakan pengalaman perbankan yang unik dan unggul.
Pembiayaan Ritel
Tujuan
kami adalah untuk menjadi No 1 atau 2 bank di segmen pembiayaan ritel dengan
memimpin dalam hipotek, pinjaman pribadi, dan pasar kartu kredit, dan dengan
menjadi pemain utama di segmen perbankan mikro.Selain fokus pada tiga bidang
strategis, kita juga memperkuat struktur organisasi dan infrastruktur (cabang,
IT, operasi, manajemen risiko) untuk menyediakan solusi layanan yang lebih
terintegrasi. Untuk berhasil mencapai tujuan kita, kita akan memanfaatkan
dukungan kritis sumber daya manusia, teknologi, manajemen risiko kehati-hatian,
dan good corporate governance.
Medali Berkencan
Per
Desember 2011, total aset Bank Mandiri telah mencapai Rp 551900000000000
(setara dengan USD 60860000000), lebih dari dua kali lipat dari tahun 2006 (Rp
267 trilyun) - yang merupakan pertumbuhan 15,6% (CAGR), membuat kita yang
terbesar bank di Indonesia. Kredit kami juga tumbuh sebesar 22% (CAGR)
menjadi Rp 314400000000000 (setara dengan USD 34670000000) dari Rp 118 triliun
di tahun 2006 sementara laba bersih tumbuh sebesar 38,3% (CAGR) menjadi Rp 12,2
triliun (setara Rp 1,35 miliar) dari Rp 2,4 triliun pada tahun
2006. Selain menjadi pemberi pinjaman terbesar bangsa (secara
konsolidasi), Bank Mandiri juga merupakan penyimpanan terbesar di negara dengan
Rp 422300000000000 (setara dengan USD 46570000000) dana pihak ketiga. Dari
segi kualitas aset, kotor dan bersih kami NPL rasio berdiri di 2,21% dan 0,52%
masing-masing.
Salah
satu tonggak penting dalam mewujudkan visi Bank Mandiri selama tahap kedua dari
proses transformasi itu berhasil menyelesaikan rights issue pada Februari 2011
yang memperkuat basis permodalan. Dengan ini, modal Bank Mandiri telah
mencapai Rp 62700000000000 (setara Rp 6,9 miliar), atau meningkat 48,9%
year-on-year. Oleh karena itu, kami menjadi bank pertama di Indonesia yang
meraih status bank internasional sesuai dengan Arsitektur Perbankan Indonesia
(Arsitektur Perbankan Indonesia / API).
Kami
juga didukung oleh anak perusahaan yang memberikan kontribusi pendapatan yang
signifikan sekitar 12% dari total laba bersih konsolidasian Bank. Hari
ini, Bank Mandiri memiliki jaringan ATM terbesar dengan 10.000 unit di seluruh
Indonesia. Kami telah menerima perbedaan menjadi perusahaan terbesar di
Indonesia untuk tata kelola perusahaan selama 5 tahun berturut-turut. Kami
siap untuk menjadi sebuah anchor bank di Indonesia seperti yang kita telah
memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Bank Indonesia, dan didorong ke depan
dengan visi kami untuk menjadi Lembaga Keuangan Paling Dikagumi dan Progresif
Indonesia.
Meningkatkan Sinergi & Nilai dari Anak
Untuk
mendukung berbagai segmen bisnis kami dan budaya berbasis kinerja yang kuat di
seluruh organisasi, Bank Mandiri telah menerapkan Strategic Business Unit (SBU)
berdasarkan organisasi - terdiri dari Strategic Business Unit sebagai generator
laba mesin pertumbuhan di masa depan, fungsi pusat perusahaan dan berbagi
layanan fungsi. SBU kami yang melayani Corporate Banking, Commercial &
Business Banking, Micro & Retail Banking, Treasury & International
Banking dan Consumer Finance, yang didukung oleh anak perusahaan
kami. Kami terus mencari peluang bisnis yang saling menguntungkan yang
menciptakan sinergi, membangun aliansi dan memperkuat usaha pendukung kami
dengan dan melalui anak perusahaan kami, terutama Mandiri Sekuritas di bidang
perbankan investasi, AXA Mandiri Financial Services di bidang asuransi, Bank
Syariah Mandiri di bidang perbankan Syariah, Bank Sinar Harapan Bali dalam
perbankan mikro, dan Mandiri Tunas Finance di multifinance. Pada tahun
2011, Bank Mandiri mengakuisisi AXA Mandiri General Insurance (MAGI), sebuah
perusahaan patungan antara Bank Mandiri dan AXA Societe Anonyme, untuk
memperkuat penetrasi Bank Mandiri ke bisnis asuransi umum. Dengan berbagai
anak perusahaan yang mendukung bisnis kami, kami lebih memperkuat posisi kami
sebagai lembaga keuangan kepemilikan terkemuka di Indonesia.
B. Visi
Dan Misi
Visi:
Menjadi Lembaga Keuangan Most
Admired & Progressive di Indonesia
Misi:
·
Untuk
menjadi berorientasi pasar
·
Untuk
meningkatkan profesionalisme
·
Untuk
memaksimalkan keuntungan bagi para pemangku kepentingan
·
Untuk
memiliki pendekatan manajemen terbuka
·
Untuk
menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
C. Bank
Mandiri Head Office
PT BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk.
Jl, Jenderal Gatot Subroto Kav. 36-38
Jakarta 12190 Indonesia
Phone: 14000, +62-21-52997777
Fax: +62-21-52997735
SWIFT Code : BMRIIDJA
Bank
Monitoring Authority
Bank Indonesia
Jl. MH Thamrin No. 2
Jakarta 10110
Indonesia
Phone (62-21) 381-7187 Faks (62-21) 350-1867
email : humasbi@bi.go.id
D.
Struktur
Organisasi
- Kepala Cabang
- CSO Operasional dan CSO Bisnis + Service
- Security, CSA, CSR dan Teller
E.
Kriteria
Dan Prosedur Pembiayaan
1.
Kredit
Modal Kerja adalah fasilitas kredit yang diberikan untuk
memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dan atau
kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti untuk membiayai
inventory/piutang/proyek atau kebutuhan khusus lainnya yang menurut evaluasi
Bank layak untuk dibiayai.
Persyaratan antara lain :
a. Dokumen
legalitas usaha, misalnya : NPWP, SIUP, TDP, akta pendirian perusahaan
b. Mengisi
formulir permohonan kredit
Fitur Kredit :
·
Limit kredit : Sesuai kebutuhan
·
Kredit dapat diberikan dalam valuta Rupiah
atau valuta asing
·
Jangka waktu sampai dengan maksimal 1 tahun
dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan
·
Sifat kredit revolving atau non revolving
2.
Kredit
Investasi adalah fasilitas kredit yang diberikan untuk membiayai
kebutuhan barang modal dalam rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan,
pendirian proyek baru dan atau kebutuhan khusus terkait investasi.
Persyaratan antara lain :
·
Dokumen legalitas usaha, misalnya: NPWP,
SIUP, TDP, akta pendirian perusahaan
·
Menyusun rencana proyek
Fitur Kredit :
·
Limit kredit : sesuai kebutuhan
·
Kredit diberikan dalam valuta Rupiah dan
valuta asing
·
Jangka waktu panjang (lebih dari 1 tahun)
3. Kredit Agunan Deposito adalah
fasilitas kredit yang diberikan dengan jaminan setoran tunai, deposito
berjangka, dan/atau tabungan dalam rupiah maupun valuta asing yang diterbitkan
oleh Bank Mandiri.
Manfaat:
a. Penarikan
dapat dilakukan setiap saat
b. Bagian
yang belum ditarik tidak dikenakan bunga
c. Pelunasan
pada saat jatuh tempo kredit
Fitur:
a. Jangka
Waktu: Maksimum
1 (satu) tahun dan dapat diperpanjang
b. Limit
Kredit: Maksimum
90% dari nominal jaminan untuk Cash Loan.
c. Mata
Uang: Rupiah
atau Valuta Asing.
Valuta Asing dan Agunan:
·
IDR (Agunan IDR, USD
& SGD)
·
USD (agunan USD, IDR)
·
SGD (agunan SGD)
·
EUR (agunan EUR)
4.
Kredit
Modal Kerja (KMK) adalah fasilitas kredit yang diberikan untuk
memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dan atau
kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti untuk membiayai inventory /
piutang / proyek atau kebutuhan khusus lainnya.
Fitur kredit :
·
Limit kredit diatas Rp 100 juta s.d Rp 5
Miliar
·
Kredit dapat diberikan dalam valuta Rupiah
·
Jangka waktu sampai dengan 1 (satu) tahun dan
dapat diperpanjang
·
Sifat kredit revolving atau non revolving
Persyaratan kredit :
·
Dokumen legalitas pemohon, misalnya : KTP,
kartu keluarga, Akte Pendirian Perusahaan
·
Dokumen legalitas usaha, misalnya : NPWP,
SIUP, SITU, TDP atau SKDU.
5. Mandiri Kredit Investasi adalah
fasilitas kredit yang diberikan untuk membiayai kebutuhan barang modal dalam
rangka rehabilitasi, modernisasi, perluasan, pendirian proyek baru dan atau
kebutuhan khusus terkait investasi.
Fitur Kredit :
·
Limit kredit di atas Rp. 100 juta s.d Rp. 5
Milyar
·
Kredit diberikan dalam valuta Rupiah
·
Jangka waktu lebih dari 1 (satu) tahun
Persyaratan kredit :
·
Dokumen legalitas pemohon, misalnya: KTP,
kartu keluarga, Akte Pendirian Perusahaan
·
Dokumen legalitas usaha, misalnya: NPWP,
SIUP, SITU, TDP atau SKDU
·
Proposal proyek
6. Mandiri Kredit Agunan Deposito adalah
fasilitas kredit dalam valuta rupiah yang diberikan dengan agunan deposito
berjangka yang diterbitkan oleh Bank Mandiri.
Persyaratan:
·
Dokumen legalitas pemohon, misalnya : KTP,
Kartu Keluarga , Akte Pendirian Perusahaan
·
Dokumen legalitas usaha, misalnya : NPWP,
SIUP, SITU, TDP atau SKDU
·
Memiliki deposito yang diterbitkan oleh Bank
Mandiri
7. Mandiri Kredit Usaha Produktif adalah
kredit modal kerja dan atau kredit investasi dengan limit diatas Rp 100 Juta
sampai dengan 2 Milyar kepada calon debitur perorangan atau badan usaha.
Fitur kredit :
·
Jangka waktu sampai dengan 1 (satu) tahun dan
dapat diperpanjang
·
Suku bunga lebih rendah apabila seluruh
transaksi dilakukan di rekening giro
Persyaratan kredit :
·
Dokumen legalitas pemohon, misalnya : KTP,
kartu keluarga, aktependirian perusahaan
·
Dokumen legalitas usaha, misalnya : NPWP,
SIUP, SITU, TDP atau SKDU
8. Mandiri Kredit Multiguna Usaha adalah
fasilitas kredit yang diberikan kepada pedagang retail atas dasar agunan berupa
fixed aset atau kontrak sewa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan modal
kerja yang sudah berjalan di sektor perdagangan retail, pembelian/pengadaan
(sewa) tempat usaha dan refinancing pembelian/pengadaan tempat usaha yang telah
dibeli nasabah di lokasi tertentu.
Fitur Kredit:
·
Limit kredit di atas Rp. 100 juta sampai
dengan Rp. 5 milyar
·
Kredit diberikan dalam valuta Rupiah
·
Jangka waktu kredit maksimal 10 tahun
Persyaratan:
·
Dokumen legalitas pemohon, seperti KTP, KK,
Akte Pendirian Perusahaan
·
Dokumen legalitas usaha, seperti NPWP, SIUP,
SITU, TDP
·
Mengisi formulir permohonan kredit
Sasaran pembiayaan Kredit Multiguna Usaha adalah
pedagang retail yang berada di lokasi tertentu di kawasan komersial seperti :
·
Pasar tradisional & modern
·
Pusat Niaga/perdagangan/bisnis
(mall/plaza/trade center/pusat grosir)
·
Di komplek pertokoan, perkantoran, perumahan
9. Mandiri Kredit Koperasi adalah
kredit untuk tujuan produktif (investasi dan/atau modal kerja) yang diberikan
kepada Koperasi dengan pola executing dan kredit dengan tujuan multiguna yang
diberikan kepada anggota Koperasi secara kolektif (massal) melalui Koperasi.
Persyaratan :
·
Dokumen legalitas pemohon
·
Untuk koperasi, telah menjalankan usaha
koperasi minimum 2 tahun
Sasaran pembiayaan Kredit Koperasi
Mandiri adalah Koperasi Karyawan dan Non Koperasi Karyawan baik untuk
pembiayaan kepada koperasinya maupun kepada anggota koperasinya.
Fitur Kredit :
·
Kredit Investasi dan Kredit Modal Kerja
kepada Koperasi dengan limit sesuai kebutuhan koperasi
·
Kredit kepada anggota koperasi dengan limit
sesuai kemampuan membayar
10. Mandiri Kredit Waralaba adalah
fasilitas kredit yang diberikan kepada Penerima Waralaba baik orang
perseorangan atau badan usaha yang diberikan hak oleh Pemberi Waralaba untuk
memanfaatkan dan/atau menggunakan Waralaba yang dimiliki Pemberi Waralaba.
Fitur
Kredit :
·
Jenis kredit adalah Kredit Investasi
·
Limit kredit diatas Rp 100 Juta s.d Rp 2
Milyar per debitur
·
Jangka waktu maksimal 5 (lima) tahun
disesuaikan dengan cash flow
·
Sifat kredit limit menurun
Persyaratan kredit :
·
Dokumen legalitas pemohon, misalnya KTP,
Kartu Keluarga, akte pendirian perusahaan
·
Dokumen legalitas usaha, misalnya NPWP, SIUP,
SITU, TDP
·
Pengalaman usaha minimal 2 (dua) tahun
11. Mandiri Kredit Kepada Showroom Mobil
Bekas Rekanan Mandiri Tunas Finance (MTF) adalah fasilitas kredit yang
diberikan kepada pemilik showroom mobil bekas rekanan Mandiri Tunas Finance
(MTF) untuk pemenuhan kebutuhan modal kerjanya.
Fitur
Kredit :
·
Jenis kredit adalah Kredit Modal Kerja
·
Limit kredit diatas Rp. 100 Juta s.d 2 Milyar
per debitur
·
Jangka waktu kredit maksimal 1 tahun dan
dapat diperpanjang
·
Sifat kredit revolving
Persyaratan kredit :
·
Telah menjadi rekanan MTF dan mendapatkan
rekomendasi MTF
·
Dokumen legalitas pemohon misalnya, KTP,
kartu keluarga, akte pendirian perusahaan
·
Dokukmen legalitas usaha misalnya : NPWP,
SIUP, SITU, TDP
·
Fotocopy rekening giro atau tabungan 6 bulan
terakhir
12. Mandiri Kredit Mikro
Kami
menyediakan Kredit Usaha Mikro bagi Anda yang membutuhkan Kredit Investasi (KI)
dan atau Kredit Modal Kerja (KMK) untuk pengembangan usaha produktif maupun
konsumtif skala mikro.
Fasilitas
pembiayaan ini dapat diberikan kepada semua pemilik usaha mikro dan usaha rumah
tangga baik berbentuk perusahaan, kelompok usaha, dan perorangan (seperti
pedagang, petani, peternak, dan nelayan).
Kredit
Usaha Mikro (KUM) terdiri atas 2 jenis produk kredit :
1. KUM
(Kredit Usaha Mikro)
Kredit Usaha Mikro khusus diberikan kepada
Usaha Mikro dengan maksimum limit kredit sebesar Rp 100 juta. Khusus untuk
fasilitas top up diperkenankan sampai dengan limit Rp 200 juta.
2. KSM
(Kredit Serbaguna Mikro)
Untuk pembiayaan berbagai macam keperluan
(serbaguna), selama tidak melanggar kesusilaan, ketertiban umum dan
bertentangan dengan hukum dengan maksimum limit kredit sebesar Rp.50 Juta.
Persyaratan Calon Debitur
1. Kredit
Usaha Mikro (KUM)
·
Usaha minimum 2 tahun di lokasi dengan bidang
usaha yang sama.
·
Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah.
Maksimal usia 60 tahun saat kredit lunas.
·
Melampirkan bukti diri berupa Kartu Tanda
Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) serta Surat Nikah (bagi yang menikah).
·
Khusus kredit Rp 50 juta keatas
dipersyaratkan NPWP.
·
Surat Keterangan Usaha dari Desa /Kelurahan,
Dinas Pasar atau Otorita setempat dimana yang bersangkutan memiliki usaha ;
atau
·
Surat Ijin Usaha.
·
Belum pernah memperoleh fasilitas kredit atau
pernah / telah memperoleh fasilitas kredit dengan kolektibilitas Lancar atau
tidak dalam kondisi kredit bermasalah.
2. Kredit
Serbaguna Mikro (KSM)
·
Warga Negara Indonesia yang berdomisili di
Indonesia.
·
Telah diangkat menjadi pegawai tetap minimal
1 (satu) tahun dan berpenghasilan tetap. Khusus untuk pegawai dengan status
tetap (tidak termasuk masa percobaan/ probation) dan payroll di Bank maka masa
kerja pegawai tidak diperhitungkan.
·
Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah dan
pada saat kredit lunas sesuai usia pensiun yaitu maksimum 55 tahun (kecuali
untuk pegawai Pemerintah / BUMN/ BUMD/ BHMN/ persyaratan usia ditentukan sesuai
dengan ketentuan yang berlaku).
·
Penghasilan per bulan diatas Upah Minimum
Regional (UMR) yang berlaku di daerah tersebut.
·
Menyerahkan bukti diri berupa copy Kartu
Tanda Penduduk (KTP) calon debitur dan suami/istri calon debitur, Kartu
Keluarga (KK) serta Surat Nikah/Cerai (bagi yang sudah menikah/cerai).
Fitur Kredit:
·
Sifat kredit adalah aflopend
plafond (angsuran
tetap)
·
Jangka waktu kredit maksimal 36 bulan
·
Agunan adalah berupa objek yang dibiayai
& berupa fixed assets
Manfaat:
·
Proses Cepat dan Mudah
·
Persyaratan kredit yang ringan
F.
Strategi
Bersaing
1. Peningkatan
bisnis
a. Financial
retail time:
Mendorong semua nasabah
untuk melakukan transaksi di Bank Mandiri.
b. Financial
finance:
Bank Mandiri menyalur untuk
semua segmen.
c. Aliance:
Kerjasama antar anak
perusahaan.
2. Peningkatan
service
Meningkatkan performance
teller, Customer Service dan Security dalam melayani nasabah
3. Pencegahan
fraud
Bank Mandiri Good Coooporate
Governance yaitu tata perusahaan yang baik dan bebas dari masalah keecurangan.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Bank Mandiri merupakan
lembaga keuangan yang memiliki visi dan misi, prinsip-prinsip strategi dalam
bersaing dengan lembaga keuangan, dan memiliki kriteria dan prosedur pembiayaan
yang diberlakukan untuk para debitur.
Struktur keorganisasian Bank
Mandiri KCP Gresik meliputi kepala cabang yang membawahi CSO Operasianal dan
CSO Bisnis + Servis, kedua CSO membawahi Security, CSA, CSR dan Teller.
Strategi bersaing meliputi
peningkatan bisnis, peningkatan pelayanan dan pencegahan fraud.
B.
Saran
Sebaiknya masyarakat melakukan transaksi
di Bank Mandiri karena Bank Mandiri sudah diakui secara Internasional selain
itu Bank Mandiri memiliki banyak fitur pembiayaan yang cocok bagi berbagai
usaha yang masyarakat.
DOKUMENTASI
Pewawancara (kanan) Narasumber (tengah kiri) Anggota (kiri)
Tempat Parkir
Bank Mandiri KCP Gresik jalan Kartini (9/10)



1 komentar:
Halo, nama saya Mia Aris.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800.000.000 (800 JUTA ) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com.
Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.
Posting Komentar